Visi & Misi

PEMERINTAH KABUPATEN BELU

Visi

Visi pembangunan Kabupaten Belu merupakan gambaran kondisi masa depan yang dicita-citakan dapat terwujud dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belu tahun 2005-2025 yang merupakan kaidah penuntun pembangunan daerah setiap lima tahun  memuat  arah kebijakan dan target pembangunan dalam kurun waktu 20 tahun ke depan. Sebagai wilayah yang berbatasan darat dengan Negara RDTL berkomitmen untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka Visi pembangunan Kabupaten Belu tahun 2016-2021 yaitu:

  BELU YANG BERKUALITAS, MANDIRI, MAJU,  DEMOKRATIS DAN BERBUDAYA 

 Asumsi dasar  visi pembangunan dimaknai sebagai berikut:

  1. Kualitas, mencerminkan keterwakilan sumber daya manusia (agenda pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, olahraga dan kebudayaan) dengan indikator kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan dikaitkan dengan upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya-saing;
  2. Mandiri, mencerminkan kemampuan masyarakat untuk mengoptimalkan potensi daerah dan peluang dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhannya secara baik;
  3. Maju, mencerminkan sikap masyarakat yang inovatif, rasional dan adaptif terhadap dinamika perubahan serta tetap berpedoman pada nilai budaya lokal;
  4. Demokratis, mencerminkan keterwakilan proses dan substansi agenda-agenda pembangunan yang dilakukan secara rasional dan objektif dengan mempertimbangkan aspek keterbukaan, partisipasi publik, kesamaan dan keadilan;
  5. Berbudaya, mencerminkan masyarakat yang menjunjung tinggi norma dan tatakrama serta nilai-nilai budaya masyarakat Belu.

 

Visi pembangunan Kabupaten Belu tersebut berpedoman pada visi Pembangunan Nasional yang dituangkan di dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pemabngunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 yaitu : Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong dan visi Pembangunan Propinsi NTT yang dituangkan dalam Peraturan Daerah Propinsi NTT Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Propinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2013-2018 yaitu : Terwujudnya Masyarakat Nusa Tenggara Timur yang Berkualitas, Sejahtera dan Demokratis  dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 MISI

Misi pembangunan Kabupaten Belu merupakan komitmen untuk melaksanakan agenda-agenda utama pembangunan yang menjadi penentu untuk mencapai keberhasilan pencapaian visi pembangunan. Oleh karena itu ditetapkan 4 (empat) misi pembangunan yang akan menjadi  acuan dalam penyiapan kerangka kerja dan agenda  pembangunan yaitu;

  • Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia:

Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Belu dalam hal peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dengan akses yang unggul, terjangkau serta merata, peningkatan pembangunan kebudayaan, peningkatan partisipasi pemuda dalam pembangunan dan prestasi olah raga masyarakat, daya saing kualitas ketenagakerjaan, pengembangan layanan perpustakaan, peningkatan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan, peningkatan kualitas kehidupan keluarga dan kualitas kesejahteraan sosial/jangkauan pelayanan sosial kepada masyarakat. Misi ini dmaksudkan juga untuk mendukung isu strategis  yakni membangun masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.

 

  • Meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan:

Misi ini dimaksudkan untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat di Kabupaten Belu agar terus melakukan peningkatan pendapatan dan kapasitas ekonomi unggulan berbasis lokal di sektor pertanian, ketahanan pangan, produksi dan nilai tambah hasil  perikanan. pengembangan potensi parawisata daerah, kualitas  pelayanan  koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pengembangan industri, perdagangan  dan pusat  ekonomi  kerakyatan serta kualitas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu. Disisi lain dilakukan juga peningkatan infrastruktur dan prasarana perekonomian dan peningkatan akses bagi masyarakat agar lebih mudah untuk berusaha agar kemampuan ekonomi masyarakat semakin bertumbuh dan kuat untuk menuju kemandirian ketahanan ekonomi lokal sekaligus sebagai strategi penanggulangan kemiskinan secara terkoordinasi antar sektor dengan berbagai program yang bersinergi. Misi ini juga diarahkan untuk menitikberatkan pada  isu strategis pembangunan daerah yaitu peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan.

 

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah sebagai wilayah perbatasan dan pengelolaan lingkungan hidup:

Misi ini dimaksudkan untuk mengelolah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Belu khususnya sebagai salah satu wilayah perbatasan di Indonesia dalam konteks penguatan sistim ekonomi kerakyatan maupun untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dengan memperhatikan daya dukung sumberdaya alam dan kelestarian lingkungan hidup secara arif dan bijaksana  serta memperhatikan pula penataan ruang secara baik. Konektivitas misi ini dapat mengakselerasi isu strategis pembangunan daerah yaitu peningkatan infrastruktur wilayah, pembangunan kawasan perbatasan dan pencegahan degradasi lingkungan hidup.

 

  • Meningkatkan kinerja birokrasi, penegakan hukum dan kualitas pelayanan publik:

Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif di Kabupaten Belu melalui peningkatan kualitas profesional birokrasi, penegakan hukum agar dapat menjadi pelayanan publik secara prima. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan aparat sebagai pelayan publik perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi sesuai dengan tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN), penataan perangkat daerah serta promosi ASN secara terbuka dengan peningkatan remunerasi berdasarkan “merit system” untuk mencapai kepuasan terhadap layanan aparat birokrasi kepada masyarakat dalam rangka menuju good governance. Misi ini juga di fokuskan untuk mendukung isu strategis pembangunan daerah yaitu peningkatan kinerja ASN dan pelayanan publik.

 

DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

  • Visi

Menjadi lembaga pelayanan perizinan yang prima dalam mendorong terwujudnya iklim usaha yang kondusif bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

  • Misi
  1. Memberikan pelayanan perizinan yang prima sesuai kewenangan
  2. Meningkatan kualitas pelayanan perizinan dan penanaman modal
  3. Mendorong kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pengurusan perizinan
  4. Mendorong terciptanya iklim investasi yang aman dan sehat
  • Motto

"SEHATI DALAM MELAYANI"